Jreng…, Hari Ini PPDB Online 2019 Mulai Dibuka

Sindoraya, Surabaya – Geliat PPDB 2019 online mulai terlihat sejak pukul 00.00 tepat tanggal 17 Juni 2019. Para orang tua bahkan siswa rela untuk tidur larut membuka internet, berebut mendaftar demi mengupayakan dirinya atau anaknya agar dapat masuk ke SMA/SMK negri sesuai dengan keinginannya ataupun sesuai sistem zonasi yang telah diatur.

Dikutip dari laman resmi berita Kemendikbud, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengatakan, melalui zonasi pemerintah ingin melakukan reformasi sekolah secara menyeluruh. “Target kita bukan hanya pemerataan akses pada layanan pendidikan saja, tetapi juga pemerataan kualitas pendidikan,” ujar Mendikbud dalam kegiatan Sosialisasi Peraturan/Kebijakan Bidang Pendidikan Dasar dan Menengah Tahun 2018 (30/5/2018). Zonasi merupakan salah satu strategi percepatan pemerataan pendidikan yang berkualitas, tambahnya. Menurut Mendikbud, kebijakan zonasi diambil sebagai respons atas terjadinya “kasta” dalam sistem pendidikan yang selama ini ada karena dilakukannya seleksi kualitas calon peserta didik dalam penerimaan peserta didik baru. “Tidak boleh ada favoritisme. Pola pikir ‘kastanisasi’ dan ‘favoritisme’ dalam pendidikan semacam itu harus kita ubah. Seleksi dalam zonasi dibolehkan hanya untuk penempatan (placement),” katanya.
Slamet Budi Santoso, Kepala sekolah SMAN 18 Surabaya menjelaskan bahwa sistem zonasi telah diimplementasikan secara bertahap sejak tahun 2016 yang diawali dengan penggunaan zonasi untuk penyelenggaraan ujian nasional. Lalu pada tahun 2017 sistem zonasi untuk pertama kalinya diterapkan dalam PPDB, dan disempurnakan di tahun 2018 melalui Permendikbud Nomor 14 Tahun 2018.
Bukti Pendaftaran PPDB 2019 UI

 

Masih kata Slamet, sistem zonasi merupakan sebuah ide sistem yang bagus untuk diterapkan saat ini. Selain sebagai strategi pemerataan, sistem ini juga secara langsung berdampak dalam hal sosial dan ekonomi.

Slamet mencontohkan dampak secara ekonomi adalah karena jarak antara rumah dan sekolah tidak terlalu jauh maka tidak membutuhkan biaya tranportasi yang lebih sehingga uang saku siswa dapat diirit dan ditabung untuk dipergunakan sebagai biaya pelengkap pendidikannya misal untuk biaya les atau tabungan untuk masuk ke Perguruan Tinggi.

Dampak sosialnya adalah dikarenakan jarak yang minim otomatis akan terjadi kemudahan komunikasi antara 3 unsur yaitu Siswa, Orang Tua dan Guru (Sekolah) dalam hal pengawasan terhadap siswa.

Pendaftaran PPDB SMAN 2019 :

 

Dalam hal ini, dukungan untuk SMA dan SMK negri dari Pemprov Jawa Timur juga sangat besar yaitu dengan dibebaskannya biaya sekolah mulai dari bulan Juli 2019.

” Maka dari itu Saya mengharapkan dengan sistem ini kualitas pendidikan di Indonesia dapat meningkat jauh sesuai dengan harapan kita semua,” ujar Slamet Budi Santoso, Kepala Sekolah SMAN 18 Surabaya yang dikenal sangat ‘care’ terhadap anak didiknya ini.

” Monggo cepat mendaftar di SMAN sesuai dengan keinginan Siswa dan Orang tua karena pendaftaran dibuka mulai tanggal 17 s/d 20 Juni 2019,” pungkasnya.

Berikut Jadwal PPDB 2019 Provinsi Jawa Timur
(Nawi)

sindoraya

Read Previous

Dukung TNI-POLRI Amankan Kedaulatan NKRI, PP Surabaya usung “JOGO SUROBOYO”

Read Next

dr. Sukma Sahadewa : PPDB 2019 Banyak Menimbulkan Kekhawatiran

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *