banner 728x250

Peduli Korban Puting Beliung, Dandim Loteng Apresiasi Langkah TAC Bersama Pemda

Peduli Korban Puting Beliung, Dandim Loteng Apresiasi Langkah TAC Bersama Pemda
banner 120x600
banner 468x60

 

Lombok Tengah – Komandan Kodim 1620/Loteng Letkol Kav Andi Yusuf Kertanegara, mengapresiasi langkah Tulus Angen Community (TAC) bersama Pemda dan TNI dalam merehabilitasi salah satu rumah warga yang menjadi korban puting beliung di Dusun Lengusik, desa Pelambik kecamatan praya barat daya, Lombok Tengah.

banner 325x300

Melalui kolaborasi dan sinergi antara TAC, Koramil 1620-04/Praya Barat, Polsek Prabarda, Pemda dan BPBD Loteng, Camat Prabarda berupaya melakukan rehabilitasi rumah milik Inaq Sumaenah alias Inaq Sawit (59) yang menjadi korban puting beliung secara bersama dan swadaya.

“Sinergi ini merupakan contoh konkret kepedulian kita terhadap masyarakat yang membutuhkan bantuan dalam mengatasi dampak bencana alam yang di alami masyarakat,” ujar Dandim usai peletakan batu pertama rehab rumah terdampak puting beliung Selasa, (23/1/2023).

Menurutnya, langkah-langkah rehabilitasi rumah iInaq Sumaenah mencakup perbaikan struktural rumah yang rusak, pemberian bantuan material, dan dukungan psikososial secara bertahap.

Selain itu, Dandim juga menekankan pentingnya solidaritas dalam menghadapi bencana dan mengajak semua pihak untuk bersatu dalam mendukung proses pemulihan.

Secara khusus, selain TAC dan Kodim 1620/Loteng pemda juga memberikan perhatian khusus terhadap pemulihan ekonomi bagi korban yang terdampak dengan memberikan sejumlah bantuan yang di butuhkan.

Program bantuan tidak hanya mencakup aspek fisik, tetapi juga berfokus pada pemulihan kehidupan sehari-hari untuk korban dan keberlangsungan ekonomi korban terdampak puting beliung.

“Kegiatan ini sekaligus menjadi bentuk implementasi kepedulian TNI bersama TAC, Pemda, BPBD dalam mendukung pembangunan wilayah secara bertahap dan menyeluruh,” terangnya.

Dandim berharap, upaya kolaboratif seperti ini dapat menjadi contoh bagi daerah lain dalam menghadapi bencana alam dan memperkuat ketahanan masyarakat dari hulu hingga ke hilir.

“Dengan adanya peran aktif TAC dan Pemda bersama TNI diharapkan proses rehabilitasi dapat berjalan lebih efektif dan memberikan dampak positif bagi warga yang mengalami kesulitan akibat puting beliung,” tandasnya. (Kodim 1620/Loteng)

 

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *