banner 728x250

Personel Kodim 1009/Tanah Laut Menghadiri Rakor Tim Pengawasan Aliran Kepercayaan Dan Aliran Keagamaan Dalam Masyarakat

Personel Kodim 1009/Tanah Laut Menghadiri Rakor Tim Pengawasan Aliran Kepercayaan Dan Aliran Keagamaan Dalam Masyarakat
banner 120x600
banner 468x60

 

Pelaihari – Komandan Distrik Militer (Dandim) 1009/Tanah Laut Korem 101/Antasari Kodam VI/Mulawarman Letkol Inf Indar Irawan, S.E., M.Han., diwakili Perwira Seksi Intelijen (Pasi Intel) Kodim 1009/Tla Kapten Inf Jimmy Arvith menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) Pengawasan Aliran Kepercayaan dan Aliran Keagamaan Dalam Masyarakat (PAKEM), bertempat di Aula Kejaksaan Negeri Tanah Laut, Jl. Datu Insyad Kel. Angsau Kec. Pelaihari Kab. Tanah Laut, Rabu (06/03/2024).

banner 325x300

Kejari Tanah Laut selaku Koordinator PAKEM diharapkan dapat membina kerukunan intern umat beragama, toleransi antar umat beragama, maupun hubungan baik antar umat beragama dan pemerintah dalam kerangka pembangunan keutuhan NKRI.

Kepala Kejaksaan Negeri Tanah Laut Bpk. Teguh Imanto, S.H., M.Hum., membuka Rakor PAKEM dan menyampaikan agar tim ini berfungsi untuk melakukan pengawasan dan pembinaan terhadap aliran kepercayaan maupun aliran keagamaan yang dianggap menyimpang atau bertentangan dengan agama induk maupun adat kebiasaan masyarakat yang pada akhirnya dapat mengganggu keamanan dan ketertiban umum.

“Melalui Rakor ini, PAKEM dapat merumuskan langkah-langkah strategis antisipatif dalam rangka mencegah adanya aliran kepercayaan, aliran keagamaan, yang dapat menimbulkan keresahan di masyarakat serta dapat menodai ajaran agama yang kita yakini,” tutur Kajari Tanah Laut.

Sementara itu Pasi Intel Kodim 1009/Tla Kapten Inf Jimmy Arvith dalam kesempatannya menyampaikan bahwa Kodim 1009/Tla sebagai satuan teritorial akan berusaha semaksimal mungkin dalam deteksi dini terhadap kegiatan yang menggunakan simbol-simbol agama yang dapat menimbulkan ancaman dan resiko meresahkan masyarakat.

“Untuk lebih memaksimalkan PAKEM Perlu adanya langkah sosialisasi dari kita kepada masyarakat apabila terjadi suatu permasalahan. Dalam penyelesaian masalah nantinya PAKEM tidak pada posisi untuk mengadili tetapi untuk mengetahui sejauh mana aliran itu tumbuh dan berkembang setelah itu nanti akan kita bicarakan aliran itu menyimpang atau tidak dari ajaran agama induknya dan melibatkan tokoh agama yang berdekatan dengan aliran kepercayaan itu,” pesannya. (Pendim 1009/Tla)

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *