banner 728x250

Sukseskan Program Swasembada Pangan Dari Pemerintah Dandim 1009/Tanah Lau Temui Kelompok Tani Di Lok Serapang

Sukseskan Program Swasembada Pangan Dari Pemerintah Dandim 1009/Tanah Lau Temui Kelompok Tani Di Lok Serapang
banner 120x600
banner 468x60

 

Pelaihari – Komandan Distrik Militer (Dandim) 1009/Tanah Laut Korem 101/Antasari Kodam VI/Mulawarman Letkol Inf Indar Irawan, S.E., M.Han., didampingi oleh Kepala Staf Kodim (Kasdim) Mayor Inf Sarjito serta Pasi Ter Kodim 1009/Tla Kapten Inf Jodi Mudasir meninjau lokasi persawahan milik kelompok tani Lestari di Jalan Lok Serapang, Kel. Pelaihari, Kec. Pelaihari, Kab. Tanah Laut, Jum’at (22/03/2024).

banner 325x300

Peninjauan lahan tersebut guna menindaklanjuti nota kesepakatan (MoU) antara Panglima TNI dengan Menteri Pertanian RI dalam program Swasembada Pangan dan Optimalisasi Lahan, sehingga Kodim 1009/Tanah Laut, dengan Dinas Pertanian, Hortikultura dan Perkebunan (Distanhorbun) Kabupaten Tanah Laut dapat mengambil langkah-langkah konkret dalam upaya mendukung MoU dimaksud.

Dandim 1009/Tla Letkol Inf Indar Irawan, S.E., M.Han., menyebutkan bahwa langkah konkret yang dimaksud yakni diawali dengan mengidentifikasi lokasi-lokasi yang akan disasar sebagai tempat pembuatan pompanisasi maupun pipanisasi agar optimalisasi lahan pertanian benar-benar terealisasi dengan baik.

“Pompanisasi dan pipanisasi ini diharapkan dapat membantu masyarakat yang kesulitan air untuk lahan sawah tadah hujan. Sehingga lahan pertanian yang semula hanya dapat digunakan untuk sekali tanam dalam setahun yakni dimusim penghujan, nantinya petani dapat menanam dua hingga tiga kali dalam setahun, bahkan pada musim kemarau masih dapat ditanami,” tutur Dandim.

“Selanjutnya pihak kami dalam hal ini Kodim 1009/Tla akan mengerahkan para Babinsa dalam pengawasan dan pendampingan kepada para petani, baik dalam pembangunan pipanisasi/pompanisasi, pengolahan lahan, proses penanaman, pemeliharaan, pemanenan, sampai dengan penjualan hasil panen. Dengan harapan para petani lebih termotivasi dalam bercocok tanam serta mendapatkan hasil yang lebih baik dalam menjual hasil pertaniannya,” pungkasnya. (Pendim 1009/Tla)

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *