Ini Cara Lantamal V Rayakan HUT, Gelar Pengobatan Umum Hingga Operasi Katarak Gratis Ratusan Pasien

0
50

Sindoraya Surabaya

Banyak cara untuk rayakan Hari Ulang Tahun, ini salah satu cara yang dipilih Pangkalan Utama TNI AL V (Lantamal V) dalam merayakan hari jadinya yang ke-70 Tahun 2019 dengan menggelar Pengobatan Umum, Khitanan Masal dan Operasi Katarak bagi ratusan pasien secara gratis pada Sabtu (14/12).

Aksi sosial yang dipusatkan di halamah RS. Walisongo 1, Desa Karang Semanding, Kecamatan Balong Panggang, Gresik, Jawa Timur ini, merupakan kerjasama Lantamal V dengan Pemda Gresik, RS Walisongo l, Yayasan Al Khoiryah Bandung dan Haya Khairyah Islamiah dari Kuwait (yayasan yang bergerak dalam bidang kemanuasian untuk kesehatan mata).

Wakil Komandan Pangkalan Utama TNI AL V (Wadan Lantamal V) Kolonel Marinir Jasiman Purba, S.E, mewakili Komandan Lantamal V Laksamana Pertama TNI Tedjo Sukmono, S.H.,CHRMP membuka pelaksanaan Baksoskes bersama Wakil Bupati Gresik Dr. M. Qosim.,M.Si.

Baksoskes Lantamal V 2019 kali ini, melayani 300 pasien Pengobatan Umum, 100 pasien Khitanan Masal dan 300 pasien Operasi Katarak (yang direncanakan berlangsung mulai 14-17 Desember 2019). Pasien tersebut berasal dari Desa Karang Semanding, Kecamatan Balong Panggang, Dawar Blandong dan Mantup.

Dalam pelaksanaannya, Lantamal V menurunkan 50 personel untuk mendukung kegiatan ini yang terdiri dari tiga dokter spesialis mata (Laksamana TNI (Purn) dr. Hadi Susilo, Sp.M, Letkol Laut (K/W) dr. Trisnarini, Sp. M dan Letkol Laut (K) dr. Wahyu, Sp.M), tiga dokter umum dari Diskes dan Rumkital Dr. Oepomo Lantamal, sementara itu RS Walisongo menurunkan dua dokter umum dan 53 tenaga pendukung lainnya.

Hadir dalam kesempatan tersebut Asintel Danlantamal V Kolonel Laut (P) Kelik Haryadi, Asrena Danlantamal V Kolonel Laut (S) Eko Setijono, Aspers Danlantamal V Kolonel Laut (KH) Ambyah Wiharjono, Aslog Danlantamal V Kolonel Laut (T) Dedi Sugiarto, Kadiskes Lantamal V Kolonel Laut (K) dr. Saptono Putro, Dirut RS. Walisongo Arif Handoko, S.H., Komisaris Yayasan Al Khoiryah Bandung, Komisaris Utama Haya Khairyah Islamiah dari Kuwait, Abdurahman Al Jayid dan undangan lainnya.

Komandan Lantamal V dalam amanatnya yang dibacakan Wadan Lantamal V mengatakan bahwa Lantamal V sebagai bagian dari Sistem Senjata Armada Terpadu (SSAT) TNI AL, salah satu tugasnya adalah melaksanakan pembinaan dan pemberdayaan wilayah laut.

Tugas tersebut diarahkan untuk menggali dan memberdayakan potensi masyarakat maritim menjadi potensi pertahanan serta menciptakan kondisi kondusif guna mendukung pembagunan nasional, seperti
kegiatan bakti sosial kesehatan ini, juga diharapkan dapat menggugah dan memupuk komitmen persatuan dan kesatuan diantara sesama anak bangsa untuk membangun negara dan bangsa ini.

Danlantamal V berharap apa yang sudah dilakukan Lantamal V dihari Jadinya ke-70 yang diperingati setiap tanggal 28 Desember ini, bisa bermanfaat dan meningkatkan derajat kesehatan masyarakan Gresik khususnya yang tergolong masyarakat Prasejahtera.

“Saya menekankan kepada seluruh panitia yang terlibat untuk melayani secara optimal, sehingga diharapkan dapat terlaksana dengan tertib, lancar dan aman,” pintanya.

Sementara itu Wakil Bupati Gresik menyambut baik digelarnya Baksoskes Lantamal V ini. Ia menyampaikan apresiasi tinggi Pemda dan masyarat Gresik kepada Lantamal V yang telah memberi perhatian luar biasa kepada masyarak Gresik dengan menggelar bakti sosial kesehatan pengobatan umum, khitanan masal dan operasi katarak gratis.

“Dirgahayu ke-70 Lantamal V, semoga jaya selalu,” ungkap Wakil Bupati ini.

Ia juga menyampaikan terimakasih kepada Lantamal V, Yayasan Haya Khoiryah Kuwait, Yayasan Al Khoiryah Bandung dan RS Walisongo atas kalaborasi sosialnya bagi masyarakat Kabupaten Gresik.

Ia menegaskan akan selalu siap untuk bekerjasama dengan pihak manapun untuk upaya upaya kesejahteraan bagi masyarakatnya dan mengharapkan kegiatan seperti ini bisa berkesinambungan dimasa mendatang. (nawi)